Jawa gambut…

itu sebutan untuk orang jawa yang ada di Palangka Raya

Lis juga ga tau asal mulanya itu sebutan

trus kenapa kok hanya orang2 jawa aja yang dapat sebutan itu

padahal di Palangka Raya juga banyak lho orang dari daerah yang laen

tapi….hanya orang2 dari suku jawa ajah yang dapat sebutan itu

orang seperti Lis inilah yang juga di sebut jawa gambut…

orang jawa yang ga tau jawanya

gitu mereka menyebut…

orang jawa yang menghabisakan waktu di kalimantan

orang jawa yang di besarkan di kalimantan

orang jawa yang ga ngerti bahasa jawa

kira2 gitu dech ….

jawa gambut…

itu sebutan yang udah biasa di berikan ke orang2 jawa yang ada di Palangka Raya

bahkan juga oleh orang jawa ke pada orang jawa

biasanya sich sebutan itu di ucapin klo saat di ajak ngomong jawa

si orang jawa ini ga bisa ngomong jawa

eh…

malah ngomong pake bahasa indonesia ato malah bahasa lokal…

jujur….

meski Lis orang jawa

Lis ga ngerti bahasa jawa secara keseluruhan

Lis ngertinya juga bahasa yang kasar ajah itu juga beberapa kata aja…

Lis bersyukur bgt bisa ngerti bahasa jawa meski beberapa patah kata

temen Lis malah ada lho yang ga ngerti bahasa jawa sama sekali

padahal dia orang jawa

mungkin hal ini karna suasana di lingkungan t4 tinggalnya ga ada yang mempergunakan bahasa jawa…

wajah orang jawa… itu memiiki ciri khas tertentu

yang ngebedain dengan penduduk asli kalimantan dan suku2 yang laen…

bila orang ngeliat Lis

mereka pasti akan tau klo Lis orang jawa

tapi….

klo di ajak ngomong pake bahasa jawa

pasti dech akan Lis balas pake bahasa lokal Palangka Raya (bahasa banjar)

dan….

akibatnya Lis di ledekin “JAWA GAMBUT”

meski menetap di kalimantan Lis selalu ingat kok Lis ini orang jawa…

Lis juga pengen banget.. bisa berkunjung ke daerah ortu Lis….

ketemu ama orang2 jawa yang bener2 tinggal di jawa…

mungkin ….

suatu saat nanti hal itu akan terwujud…

jawa gambut….

hanyalah sebutan….

yang memiliki sejuta makna…

yang selalu ngingatin Lis dengan suku jawa

8 thoughts on “Jawa gambut…

  1. Yep, betul, tapi bukan lis doang yang ngerasa gitu. Jaman sekarang ini banyak yang begitu, cuman kayaknya pada nyimpen kegelisahannya sendiri2. Entah sungkan atau gak peduli lagi. Ya keliatannya imbas dari globalisasi, sehingga kebudayaan kita di tingkat generasi muda makin morat-marit. Sukurnya sekarang budayawan2 kita dah pada mau nulis tentang kebudayaan2 Indonesia, Betawi, Batak, Jawa, itu kerasa banget ngebantu buat generasi muda yang ngerasa missing link sama ancesstor-nya dan kebudayaan asli sukunya. ya lagi-lagi, bergunanya juga buat yang masih mau pedulli 😀

    Ah gue so serius banget hahahahhaaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *