mAaf…itu sulit!

Besok tanggal 1 oktober, besok nining adek lilis ultah. Ultah bertepatan dgn hari raya idul fitri, yach…besok lebaran, besok hari raya, itu berarti besok adalah kali kedua keluarga lilis melewati lebaran tanpa ada bapak di sisi kami coz bapak tlah “pergi untuk slama2nya”. Besok juga lebaran tanpa di hadiri adek bungsu lilis “jagoan kebanggaan keluarga” coz dia cowok satu2nya di keluarga lilis. Linggarjati nama pemberian bapak, biasa di panggil lingga ato linggar tapi lilis lebih suka manggil “Le” panggilan sayang khas jawa untuk anak lelaki. Le pertengahan puasa udah pulkam, 5 hari aj di rumah. Coz ada yang mesti di selesaikan di palangka raya makanya Le memilih berlebaran jauh dari kami. Meski kami sbenarnya ga setujua tapi demi kelangsungan kuliahnya kami mendukung juga akhirnya. Le cukup bisa mandiri, akhir2 ini kuliah dengan jerih payahnya sendiri dan momen lebaran ini ada hal yang mesti di selesein. Sedih…coz lilis hanya lebaran dgn mamak dan nining (adek perempuan q), yach kami hanya ber 3 aj lebaran di rmh. Air mata menetes tak kuasa lilis menahannya lilis ingat bapak, ingat tawa candanya. Biasanya di saat2 begini kami smua berkumpul bersama menikmati suasana lebaran. Tak mudah mengikis kenyataan bahwa bapak telah “tiada”, bapak tak lagi ada di dunia ini. Ramadhan taun ini hampir berlalu, hari ini tlah lilis kirim sms “idul fitri” ke smua friend yang lilis kenal baik di dunia kata ato dunia nyata. Sengaja lebih awal coz kwtir esok sibuk dan jaringan telkomsel eror. Coz akhr2 ini sinyal telkomsel sering menghilang. Temen2 lilis juga udah ada yang kirim sms lebaran lebih awal. Makanya lilispun melakukan hal yang sama sesuai dgn alasan yang tlah dikemukakan tadi. Satu hal yang tak lilis yakin apakah bisa lilis mengucap kata maaf pada “dia” seseorang yang menyakiti hati dan melukai cinta lilis. Hingga detik ini lilis masih tak mampu membebaskan hati dari rasa amarah karnanya, tak kuasa lilis melenyap benci dan keki padanya. Coz udah lilis coba jalin komunikasi tapi dia slalu diam, smua sms or telpon tiada di hiraukan. Gimana lilis ga jengkel jadinya?wajarlah klo lilis kini masih ga yakin “apakah sms lebaran mesti lilis kirim padanya?” lilis kwtir perlakuan yang sama akan lilis terima lagi. Tak kurang usaha lilis lakukan tuk jalin kembali komunikasi tapi hal tsb berulang lagi. Lilis ga pernah pengen menyakiti, lilis hanya pengen ada pelangi dalam hidup ini. Ucapan khusus met ultah tuk nining moga smua cita2nya tercapai. Amin…

24 thoughts on “mAaf…itu sulit!

  1. kalo ngga ikhlas memang.
    boleh dikoreksi ?
    maafnya gampang..
    ikhlasnya yang sulit..
    ini sekedar komentar ya.. boleh kan ? makasih dah mampir..
    q add sekalian ya…

  2. Lis yang cantik…
    Semoga dengan datangnya Idul Fitri ini kita bisa terlahir kembali.
    Cantik.. jangan bernegatif thinking dulu ya, menurut shanti, tetaplah mengucapkan maaf lahir batin, dan urusan kita beres sampe disitu. masalah apakah dia akan membalas atau malah nyuekin, it’s up to him… setidaknya urusan kita sebagai manusia yang saling bermaafan dengan dia sudah kita tuntaskan. ya gak??
    hehehe… Maaf lahir batin ya…

  3. Iyaya. Kadang kita maaf-maafan lewat sms justru sama teman yang ndak punya masalah ma kita. Sama orang yang kita jengkeli, musuh, lawan, pesaing malah lupa minal aidin walfaizin.

  4. Selamat Ultah buat adeknya :)Di Hari Fitri ini bebaskan diri kita dari rasa bensi, marah, sakit hati dengan cara membuka dan memberi pintu maaf kepadanya. Jangan lihat kebelakang dan tataplah ke depan. Saya juga ingin mengucapkan :

    Taqabbalallaahumma minna wa minkum wa taqabbal ya kariim..
    Minal aidin wal faidzin ii kulli ‘aamin wa antum bii khaiir.
    Mohon Maaf Lahir Batin
    Atas Kesalahan dari Tulisan dan Komentar,
    Sikap, Perkataan dan Perbuatan
    Saat Online Maupun Offline selama ini 🙂
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H

  5. Met Lebaran, met Idul Fitri. Minal ‘Aidin wal Faidzin. Maaf lahir batin… 🙂

    Sama… teringat dgn almarhum bapakku… yaa… diziarahi… didoakan semoga beliau mendapat tempat yg mulia disisiNya. Diampunkan sgla dosanya dan diterima amal ibadahnya.

  6. aduh baru berkunjung lagi nih habis mudik.. betul mba.. biasanya meminta & memaafkan terkadang terasa berat .. apalagi lihat besar kecilnya kesalahan,.. tapi bagi Allah memaafkan itu harus..masa allah saja yg maha pemurah bisa memaafkan hamba-Nya yang berbuat toubat..

    http://www.asephd.co.cc

  7. Lagi2 lilis hanya bisa mengucap kan trims atas smua kata dan ucapan anda smua. Lilis udah berusaha tuk memaafkan pada “dia” meski sulit bgt alhamdulilah berhasil juga meski perlu waktu

  8. minta maaf itu memang sulit, lebih sulit lagi memaafkan
    mengapa sulit, karena kadang merasa nggak salah kok harus minta maaf
    memaafkan lebih sulit lagi, lha sedang disakiti kok harus memaafkan tanpa harus ganti menyakiti

    itu yang kusampaikan saat jamaah subuh bersama anak istri tadi pagi

  9. memaafkan terkadang mudah di ucapkan orang tapi sulit untuk di implementasikan dalam kehidupan ini, saya merasa simpati apa yang lilis alami, mudah2an Allah memberikan kesabaran dan kebahagian naantinya kepada lilis…amin…..

  10. ..wah, keburu ke submit,… ada tambahan nih..

    berat nian nasibmu….. memaafkan orang yang telah melukai, terutama hati ( baca : cinta ), itu emang bener2 sulit, ibarat kata sih, luka dipermukaan mudah sembuhnya tapi luka di dalam, duh meuni hese banget.. yang jelas, be strong.. semua pasti ada hikmahnya.. ..there were no accidents in life..

  11. met ultah buat adek nya yaaa
    semoga jadi anak yang berguna buat nusa bangsa
    hehehe
    wah bangga tuh ultah nya di rayain orang sedunia sebagai hari kemenangan
    semoga selalu “menang” dalam kehidupan nya nanti

    amiennnnnn

  12. Trims untuk smua yang udah ninggalin kata2 untuk lilis, lilis sampe tak sanggup merangkai kata karna begitu ga menyangka ternyata banyak teman2 yang berkenan menulis kata di blog sederhana ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *