karEna hujaN…

Air…3 huruf dgn banyak makna. Air adalah penyelamat hidup, tanpa air makhluk hidup akan binasa. Air adalah sahabat tapi bisa pula jadi pembunuh. Sahabat yg setia bantu kelangsungan hidup manusia, pembunuh berdarah dingin coz klo banjir air mampu menewaskan manusia. Air mampu pula melanggengkan budaya “malas bin enggan” lho kok bisa? Air yang datang karena hujan membuat smua aktivitas rada terganggu, matahari enggan bersinar, jalan2 becek, cucian pakaian ga kering dll. Satu budaya yg ga layak ditiru tapi ga bisa juga disalahkan dan ini terjadi dalam lingkungan hidup lilis. Jika hujan turun otomatis kerja juga libur. Coz siswa yg datang hanya sdikit, bahkan bisa ga akan ada yang datang sama sekali. Gurupun juga ga akan datang. Itu karna jalan yang licin, rmh yang jauh dr skolah, transportasi anak2 yang ga ada. Dan alasan utamanya karna hujan, khwatir basah, malas keluar rmh dll. enakkan bobo di rmh ato mimik susu coklat di temani cemilan *pikir lilis* mungkin itu yg ada di benak mrka jg . Ga tau kapan mulainya tapi jika hujan datang dan deras pula maka otomatis libur kerja. Ga peduli bidang pendidikan, kantor lurah, pekerja perkebunan sawit, puskesmas. Bahkan kantor camat. *sepanjang pengamatan lilis* seperti hari ini hujan turun dari jam 05.10 an pagi dan sampe skr ga reda juga. Biasanya sich klo jam 8 an reda lilis tetep brangkat kerja meski dgn resiko ga ada siswa yg skolah ato ada tp sdikit dan rekan guru juga sdikit. Lilis sich bukannya malas kerja tapi gimana lagi, andai tetep nekad berangkat kerjapun akan sia2 nyampe t4 kerja juga ga bisa kerja. Biasanya klo guru + siswa yg hadir sdikit langsung dipulangkan kegiatan belajar mengajar ditiadakan coz ga efektif. Honda bebek “buntut” dan jas hujan lusuh teman setia yg nemani lilis kerja. Klo hujan turun tapi ga deras biasanya lilis pake baju biasa dan baru ganti baju kerja klo udah nyampe skolah coz pasti akan basah kuyup di jalan. Beruntung nining (guru honor skolah) adek lilis cukup lihai naik motor jadi jarang jatuh. Klo lilis ga trlalu ahli tapi bisa aja naik motor. Hujan…makin sring datang berarti makin sering juga lilis libur. Andai udah suami dan anak alangkah bahagianya bisa bercengkrama lebih sering dgn keluarga. Ga tau dech klo di t4 lain bila hujan datang apa mereka juga libur? *penasaran*

20 thoughts on “karEna hujaN…

  1. aduh …..

    artikel nya bagus2 juga nih …..

    kenapa baru keliatan yach ….

    tapi kayanya sering banget nih ng Blog …..

    lam knal yachh *** trims ya dah mampir…trims jg pujiannya…

  2. lis, emang tinggal di daerah mana???
    klo ujan disini aktivitas normal qo, hehe ^_^ *** lilis di kalimantan tengah tapi dkat kalimantan barat. Klo ujan reda aktivitas kerja normal lg kok

  3. waw saya tetep masuk
    kalo ga bisa repot hehehehe
    untung cuman air
    coba kalo batu aaaaaa tidakkkkkk # klo batu lilis ga kebayang dech apa yang kan terjadi.

  4. a nice work.

    Saya ikut prihatin dengan kondisi seperti itu. Tapi jangan putus asa ya dik. guru adalah pekerjaan yang paling mulia. btw thanks udah berkunjung dan kasi comment ke blog-ku. Senang berkenalan dengan Lilis…:) # trims juga anda dah berkunjung balik

  5. hujan itu bisa menjadi rahmat tergantung kita menyikapinya..aku jadi ingat saat SD, kalo hujan ke sekolah tetap masuk hanya saja yg menjadi kendala jalannya becek, akhirnya diakali sepatunya dipasang plastik, atau pakai sepatu bot..kalo tidak ada uangnya ya ..nyeker..itu jakarta tahun 80an loh 😀

  6. Mbak Lilis, tetapkan semangat untuk datang walaupun hujan. Percayalah tidak ada yang sia2 (dimata Allah SWT) walaupun nantinya tidak ada kegiatan mengajar.Kenapa ? karena anda dibayar untuk datang mengajar walau apapun kondisinya. Itu adalah amanah. Bila nantinya diminta pulang, yang penting anda sudah datang, jadi di mata Allah anda sudah menjadi guru yang bertanggung jawab. Ingatlah, kita semua akan di mintai pertanggungjawaban atas apa yang menjadi tanggung jawab kita.

  7. Yang ku ingini adalah hujan duit pertama karena tidak basah. Yang ditakuti adalah tertangkap basah berjamaah mengambil yang bukan hak. Nanti yang datang hujan cemooh dan banjir ludah dimarahin orang.

  8. ya berarti kl musim hujan berkpanjangan sekolah jg libur panjang donk! trus gimana cara untuk mengejar ketertinggalan pelajaran lis? kl di jgja walopun hujan deras ya sekolah ga libur kecuali kl pas hari libur. tp itulah enaknya lis kl kerja di kampung bisa nyantai kerja, coba di kota g bisa namanya kerja santai..

    salam….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *