Merem Imlek

Besok adalah tahun baru imlek. Lilis suka coz artinya bsok lilis libur kerja, jadi bisa bersantai di rumah bersama keluarga. Mski imlek udah beberapa kali di rayain di negri ini tetep aja lilis ga terlalu tau arti dibalik imlek. Di t4 lilis ga banyak orang2 cina or tionghoa jadi gema imlek ya ga ada. Lilis mo ngucapin met tahun baru imlek untuk teman2 yang merayakannya. Semoga imlek tahun ini membawa arti tersendiri dalam hidup.

17 thoughts on “Merem Imlek

  1. Imlek atau perayaan Tahun Baru China sebenarnya didasarkan atas pergerakan bulan (beda dengan tahun masehi yang berdasarkan pergerakan matahari), karena itu sering disebut pula Lunar New Year. Mirip dengan tahun baru Hijriyah yang juga memperhatikan gerakan bulan. Imlek di China berarti menunjukkan kedatangan musim semi dimana para petani bisa kembali bekerja menanam padi, dan utk merayakan hal ini, Imlek disebut pula dengan Spring Festival.

    Mengenai kepercayaan bahwa bila Imlek selalu hujan, memang betul karena di bulan-bulan Imlek hampir selalu bertiup angin yang membawa hujan. Selain itu di musim semi memang harus banyak hujan, sehingga tanaman dapat tumbuh subur. Inilah awal mula mengapa orang2 mengasosiasikan antara hujan lebat di hari Imlek dengan rezeki karena di zaman dulu kan petani selalu mengharapkan hujan lebat sehingga padi-padi dapat tumbuh subur.

    Perayaan Imlek juga memuat siklus kalender China yang sangat terkenal (disebut pula 12 shio), bahkan sampai menyebar ke Jepang dan Korea. 12 karakter hewan ini ada ceritanya, konon saat itu Kaisar Langit sedang ingin menandai waktu dan dia mengundang 12 hewan pertama untuk datang dijadikan ikon. Nah, mulailah hewan2 berlomba2 segera datang pertama. Konon kucing dulu adalah temannya tikus, tapi tikus licik tdk memberitahu kucing utk ikut perlombaan itu sehingga kucing marah dan bermusuhan dengan tikus.

    Kerbau sebenarnya ada di urutan pertama, tapi tikus dgn cerdik menumpang di punggungnya dan lalu turun melompat saat sampai sehingga menjadi hewan yg pertama sampai.

    Gong Xi Fa Cai, anyway!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *